Strategi Poker Terbaik: Bermain Game Theory Optima Poker

Strategi Poker Terbaik Bermain Game Theory Optima Poker

Matematikawan tersohor John Nash meninggal pada kecelakaan mobil di tahun 2015, bersama dengan istrinya Alicia. Mereka dalam perjalanan pulang menuju rumah dari Norwegia, di mana John Nash mendapatkan penghargaan prestisius Abel Prize untuk kontribusinya dalam bidang matematika. Sebelumnya ia juga memenangkan penghargaan Nobel di tahun 1994 untuk jasanya di bidang ekonomi.

Banyak orang di luar lingkaran akademisi mengetahui nama John Nash melalui biografinya, A Beautiful Mind, dan juga film yang menceritakan dirinya di tahun 2001 dengan judul yang sama.

Lalu apa hubungannya antara John Nash dan permainan poker? Banyak sekali. Anda mungkin pernah mendengar sebelumnya, di mana banyak orang yang membicarakan tentang strategi poker online yang “tidak tereksploitasi”. Konsep ini adalah cabang dari kreasi Nash.

Untuk menjelaskan hubungannya, kami akan menjelaskan dengan permainan yang lebih sederhana dibanding poker yang dikenal dengan nama “The Prisoner’s Dilemma”.

“The Prisoner’s Dilemma”

Begini cara kerjanya, seperti yang telah diungkapkan oleh, Albert W. Tucker, yang mana penjelasannya tertuang dalam wikipedia:

Dua anggota gang kriminal ditangkap dan dipenjara. Setiap narapidana dikurung dalam penjara soliter dengan maksud agar tidak dapat mengobrol atau bertukar pesan satu sama lain. Jaksa penuntut tidak memiliki cukup bukti untuk menuntut dua kriminal ini dengan tututan yang diinginkan. Mereka berharap untuk mendapatkan hukuman satu tahun penjara dengan dakwaan yang lebih rendah. Di waktu yang sama, jaksa penuntut menawarkan setiap narapidana kesepakatan. Setiap narapidana diberikan kesempatan untuk saling mengkhianati dengan bersaksi untuk aksi kriminal satu sama lain atau tetap bersekongkol untuk diam. Beginilah penawarannya:

  • Jika A dan B saling mengkhianati, masing-masing akan mendapatkan hukuman 2 tahun penjara.
  • Jika A mengkhianati B tapi B tetap diam, A akan dibebaskan dan B akan dipenjara selama 3 tahun.
  • Jika A dan B tetap diam, keduanya hanya akan mendapatkan hukuman penjara 1 tahun dengan dakwaan yang lebih rendah.”

Pilihan untuk tetap diam bisa disebut dengan “bekerja sama” sementara untuk berkhianat bisa disebut dengan “membelot”.

Jika Anda menjadi si A, apa yang akan Anda lakukan? Tentu saja tergantung apad apa yang akan B pilih. Jika B mengkhianati Anda, maka Anda dan kawan Anda akan mendaptkan hukuman 2 tahun penjara jika Anda sama-sama membelot, atau Anda akan mendapatkan hukuman 3 tahun penjara jika tetap diam. Tentu saja jika B memilih untuk membelot, pilihan terbaik Anda adalah membelot juga.

Baca juga : Kode Promo Belanja Online Yang Paling Dicari Tahun Ini

Tapi, bagaimana jika B diam? Maka Anda hanya akan mendapatkan 1 tahun penjara jika tetap diam atau bisa keluar dengan selamat tanpa hukuman jika memilih untuk membelot. Jadi, jika B diam, pilihan terbaik Anda adalah membelot.

Untuk itu, membelot adalah pilihan terbaik Anda apapun yang jadi pilihan si B. Begitu juga dengan analisis yang diterapkan pada kasus yang diterima oleh si B. Ini adalah contoh sederhana dari yang disebut dengan “Nash Equilibrium”.

Strategi Game Theory Optimal

Konsep dari strategi yang “tidak dapat dieksploitasi” dalam poker adalah turunan langsung dari teori di atas. Hal ini merujuk apada keputusan yang diambil dalam situasi tertentu di mana lawan tidak dapat melakukan perlawanan yang lebih menguntungkan. Istilah lain dari strategi ini adalah Game Theory Optimal atau GTO.

Untuk setiap keputusan yang harus Anda ambil dalam poker, selalu ada GTO sebagai solusi. Untuk sebagian besar situasi, solusi ini tidak selalu dapat diketahui, karena poker adalah permainan yang rumit bahkan untuk komputer yang bisa menjalankan algoritme terbaik tidak mampu untuk mengkalukasikannya. Tapi keputusan optimal akan selalu ada.

Jika Anda ingin mengambil setiap keputusan sesuai dengan teori ini, maka tidak ada strategi yang bisa dipilih oleh lawan untuk membuat Anda sebagai pecundang dalam jangka waktu panjang.